SMAN 2 Unggulan Talang Ubi berdiri secara resmi Tahun 2003  berdasarkan Keputusan Bupati Muara Enim Nomor 138/KPTS/DIKNAS/2007 dan menjadi Sekolah Unggulan di Luar Ibukota Kabupaten yang sebelumnya masih bergabung gedung dengan SMA Negeri 1 Talang  Ubi. Baru setelah 2 tahun, tepatnya pada bulan Juni tahun 2006 . Pada saat Pemekaran Kabupaten PALI yang menjadi daerah otonomi Baru pada tahun 2013 maka status SMAN 2 Unggulan Talang Ubi dikuatkan kembali berdasarkan Keputusan Bupati PALI Nomor 90 / KPTS/DISDIKBUDPORA/2014 . SMAN 2 Unggulan Talang ubi berdiri kokoh pada areal ± 2 ha, dan hampir seluruhnya telah berfungsi baik sebagai ruang belajar berjumlah 12 ruang, 3 ruang laboratorium (Fisika/Biologi/Kimia dan Kompute/internet), 1 ruang Perpustakaan. 1 ruang aula, 1 ruang  BP/BK, 1 ruang OSIS, 1 ruang UKS, 2 buah kantin, 1 buah mushola sedangkan fasilitas olah raga  yang tersedia : Lapangan bulu tangkis/sepak takraw , lapangan bola volley, lapangan bola basket, lapangan tenis meja, pendukung lain tersedianya 2 buah tempat parkir sepeda/sepada motor khusus untuk para siswa dan 1 tempat parkir khusus untuk guru-guru. Selain itu tersedianya WC sebanyak 6 buah khusus untuk siswa dan 2 buah khusus untuk guru dan TU dengan kondisi yang cukup bersih dan sehat.

          Dibidang kegiatan ekstrakulikuler SMAN 2  Unggulan Talang Ubi  boleh dibilang biangnya eskul hal ini terbukti dengan banyaknya deretan piala, vandal dan piagam penghargaan yang berjejer rapi di dalam lemari di dua ruang guru. dengan program ekstrakurikuler Unggulan yang makin banyak seperti : PMR, KIR, English Club, Olahraga (Basket, Volly, Tenis, Bola Kaki/Futsal, catur dan Bulu Tangkis) ada juga Pramuka, Imtaq/BTA dan marawis, Paskibra, Seni Suara/Musik, Sendra Tari, dan Pencak Silat dan Taekwondo, Olimpeade Saint dan Marching Band.

         Pada usiannya yang ke-14 SMAN 2 Unggulan Talang Ubi yang menjadi sekolah rujukan satu satunya di Kabupaten PALI,  dan merupakan sebelumnya sekolah RSNN dan sekolah Model. Semua langkah padu itu bermuara agar sekolah kita lebih mampu menyiapkan generasi muda pelajar yang beriman, taqwa, intelektual, handal, pantang menyerah, bertanggung jawab, anti kekerasan, dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan negara, dan terlebih untuk daerah kita tercinta.