Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk:

  1. Menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
  2. Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

6 Kegiatan Literasi dan Numerasi di sekolah tertuang dalam RTL (Rencana Tindak Lanjut) sebagai berikut:

1. Membentuk Tim Literasi Sekolah (TLS)

2. Menyusun program kegiatan literasi dan numerasi di sekolah

3. Menyusun instrumen asesmen kegiatan literasi dan numerasi di sekolah

4. Menumbuhkan Budaya literasi dan numerasi di sekolah, melalui:

      a. Penerapan strategi Lingkungan fisik sekolah

      b. Penerapan strategi Lingkungan sosial-emosional

      c. Penerapan strategi Lingkungan akademik

  1. Mengadakan Lomba dalam rangka penguatan literasi dan numerasi
  2. Penyusunan Laporan Semester/Tahunan kegiatan literasi dan numerasi di sekolah

Mengingat pentingnya menumbuhkan budaya literasi dan numerasi di setiap satuan pendidikan maka perlu dilakukan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi Literasi dan Numerasi oleh pihak eksternal (Disdik Kab. PALI, Dinkes PALI, Satgas Covid-19, dan LPMP Prov. Sumsel) di SDN 20 Talang Ubi, Sedangkan sosialisasi internal dilakukan di SMAN 2 Unggulan Talang Ubi bersamaan dengan rapat pembinaan.

RTL (Rencana Tindak Lanjut) Literasi Numerasi SMAN 2 Unggulan Talang Ubi : http://sman2unggulantalangubi.sch.id/wp-content/uploads/2021/09/RTL_Penguatan-Literasi-Numerasi_SMAN2UNGGULANTALANGUBI_PALI.pdf

Post Author: Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *